KEPALA UPK KUSAN HILIR MENUGASKAN SELURUH STAFNYA UNTUK MENGIKUTI UPACARA BENDERA DI SEKOLAH-SEKOLAH DALAM KOTA.

PAGATAN, Salah satu program dari Kepala UPK Kusan Hilir Jarkasi, S.Pd.SD pada tahun 2017 ini ialah mengaktifkan Upacara Bendera di sekolah setiap hari senin di wilayah binaan UPK Kusan Hiir, pada hari ini, senin 03 April 2017 beliau memberikan tugas kepada seluruh staf UPK Kusan Hilir untuk mengikuti upacara bendera di sekolah- sekolah khususnya didalam kota. Beliau menambahkan bahwa kegiatan ini sudah beberapa kali dilakukan, dan Alhamdulillah hasilnya semakin hari semakin membaik.

Para staf UPK Kusan Hilir ikut bersama-sama dewan guru mengikuti jalannya upacara disekolah, bahkan ada beberapa diantaranya yang menjadi Pembina Upacara disekolah tersebut. Diantara staf UPK yang menjadi Pembina ialah Anjar Sufangat, S.Pd.I selaku staf UPK Bagian ASET yang di tugaskan di SD Muhammadiyah Kecamatan Kusan Hilir. Dalam amanatnya beliu menyampaikan bahwa betapa pentingnya melaksanakan Upacara Bendera, karena hal ini merupakan salah satu bentuk penghormatan kita terhadap salah satu simbol Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan upacara ini kita mendapatkan beberapa manfaat diantaranya kedisiplinan dan kesehatan karena terkena sinar matahari pagi (Vitamin D)

Kemudian beliau menambahkan bahwa program prioritas kementrian pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia adalah pendidikan yang berkarakter. Pada dasarnya kita sama-sama dilahirkan dari Rahim seorang ibu, dan sama pula kita belum bisa bicara dan berfikir, kemudian cara orang tua merawat kitalah yang berbeda-beda, maka dari itulah karakter kita dibentuk, mereka memberikan pakaian, makanan dan pendidikan kepada kita dengan cara yang berbeda-beda.

Karakter merupakan akhlaq yang mulia, maka dari itu hal tersebut sangatlah penting, buat apa pintar tapi tidak berakhlaq, akan tetapi kita harus pintar dan berakhlaq mulia. Sebaik2 Pendidikan adalah keteladanan, Karena pada dasarnya manusia melakukan sesuatu berdasarkan contoh dari orang lain dan lingkungannya, Ketika mendakwahkan tentang agama islam kepada bangsa Quraisy, Rasulullah saw tidak sekedar berbicara atau menjelaskan teori-teori belaka. Namun, Beliau juga mencontohkan melalui perbuatan, perkataan, dan perilaku beliau dalam kehidupannya sehari-hari. Hal ini menunjukkan bahwa untuk membentuk akhlaq atau karakter seseorang adalah dengan mencontohkan kepadanya hal-hal baik yang dapat ditirunya dan pada akhirnya akan menjadi kebiasaan, dan membentuk pribadi yang berakhlak mulia.

Maka dari itu Kepala sekolah harus bisa menjadi teladan yang baik bagi guru dan staf,Guru harus bisa menjadi teladan yg baik bagi murid2nya, Siswa kelas 6 harus bisa memberikan contoh yang baik bagi adik2 kelasnya. Dan kita semua harus bisa memberikan contoh atau teladan yg baik bagi orang-orang disekitar kita. Dengan seperti itu hidup kita akan lebih bermanfaat. Dan perlu kita ketahui bahwa sebaik-baik tauladan kita adalah Rasulullah SAW.

Kemudian terpisah ketika ditanya mengenai sanksi yang deberikan kepada Guru maupun Sekolah yang tidak melaksanakan upacara bendera, Bapak Jarkasi, S.Pd.SD selaku kepala UPK Kusan Hilir menyampaikan bahwa yang pertama adalah himbauan dan pembinaan, apabila masih tidak melaksanakannya maka akan kami sampaikan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Bumbu untuk ditindaklanjuti. anj

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *